Selasa, 09 Agustus 2016

TAHAP TAHAP TES POLISI

Menurut pengalaman saat pernah tes polisi
 Tahap - Tahap  Testnya tergantung peraturan polri yang berlaku
 setidaknya ada kemiripan tiap tahunnya :
1. Tahap Pendaftaran
    Sediakan berkas anda selengkapnya. Kalau gak lengkap     tahankan dipulangkan. Kalau uda berhasil dan daftar, dijaga baik baik nomor yang di dapat.

 2. Rikmin awal
    Biasanya orang bilang tes pemberkasan. Ceritanya berkas kita di cek lagi apakah sudah sesuai pendaftaran apa tidak. kadang ada juga yang kalah disebabkan umurnya saja yang kurang atau tidak cukup lagi untuk mendaftar. Tapi banyak yang bilang biasanya ini pada lulus semua.

3.Pakta Integritas
  Biasanya ini pengumuman atau di sahkan acara tes polisi oleh kapolda atau wakapolda. Serta pengarahan orangtua. Ada upacaranya juga pake tanda tangan kedua belah pihak gitu.

4. Rikkes 1
 Biasanya orang bilang tes kesehatan gitu. Tapi ini tes awal. masih ada tes kes ke 2 lagi. yang dicek itu gigi, telinga,amandel,varises,tensi,mata,alat kelamin,ambeyen,bentuk kaki,tangan, tidak cedal atau gak bisa bilang R serta yang paling perlu cek tinggi dan berat badan.
Di tes ini biasanya banyak kali yang gagal. Karena banyak aspek kesehatan yang perlu diperhatikan.

5. Rik Psikologi
 Biasanya Tes tertulis psikologi atau psikotes orang bilang. Habis habis ujian tentang psikotes. Gak usah takut kalau udah pernah ngerjain psikotes. Kalau apa beli aja buku psikotes atau cari bahan di internet. 

6. Uji Akademik
 Biasanya orang bilang ujian tertulis mengenai pelajaran SMA dan umum. Katanya tes ini sulit karena soal yang dibuat begitu banyak yang gak dimengerti. bahan bahannya itu  berupa pengetahuan umum, UU kepolisian, bahasa inggris, bahasa indonesia, IPA serta matematika. tergantung panitia pusat lah yang buat.

7. Rik kes 2
 Tes ini memeriksa bagian dalam seperti paru - paru,jantung, tulang, eKG serta rontgen. Ada juga cek darah dan urin. Kalau sehat ngapain takut. Banyak orang bilang kalau mau tes ini biasanya banyak minum susu kental atau susu bear brand. katanya untuk membersihkan paru dan lain. kalau mau tes aja, kalau menurutku biasa aja. 

8.Ujian Jasmani
 Ujian ini udah taulah hal yang paling penting juga. Karena menyakut fisik seorang anggota polisi.  Yang penting kami punya kemauan kau bisa. Tesnya berupa lari 3km,pull up,push up,shutle run,renang dan shit up. Usahakan semua bisa. Jangan sampe ada 1 aspek yang gabisa. karena waktu saya tes dulu nilainya di kali 0 atau tidak boleh ada yang nol. Apalagi yang gabisa renang, belajarlah mulai sekarang.

9.Pendalama PMK
 Gak begitu mengerti tentang tes ini, hanya saja kita disuruh mengerjakan soal begitu banyak dan banyak yang mirip. Jarang sekali peserta gagal disini kata orang.

10.Rikmin Akhir 
 Biasanya di tahap ini seperti melakukan pemberkasan akhir. Banyak kali berkas yang harus di persiapkan mulai dari tulis tangan sampe perlu print berkas banyak. Di tahap ini juga perlu membawa SKCK dan Surat Keterangan dari Dokter dan Surat bebas Narkoba.
  
11. Sidang Terbuka 
 Biasanya orang bilang pantuhir. Tes akhir yang paling menentukan. Disini juga saya kecewa dengan hasil yang saya dapat. Pengalaman buat kalian jangan pernah menyesal dengan apa yang pernah kalian coba. Anggap saja pengalaman hidup. Buat yang tes tahap ini harus diperhatikan betul. Setan setan banyak dan menghampiri.

Yang terpenting dari segalanya adalah persiapan disertai doa
Besar harapannya anda dapat lulus.
Tetap semangat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar