Selasa, 28 Agustus 2012

Fakta Telur


Alasan mengapa telur sangat baik untuk sarapan

                                 
     Telur merupakan bahan makanan yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Telur sebagai sumber protein mempunyai banyak keunggulan antara lain, kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan bahan makanan lain seperti ikan, daging, ayam, tahu, tempe, dll. Telur mempunyai citarasa yang enak sehingga digemari oleh banyak orang. Telur juga berfungsi dalam aneka ragam pengolahan bahan makanan. Selain itu, telur termasuk bahan makanan sumber protein yang relatif murah dan mudah ditemukan. Hampir semua orang membutuhkan telur. 

Sarapan sehat sudah dipercaya sebagai salah satu metode wajib yang dijalani bagi mereka yang tengah menjalankan program diet. Pasalnya, bukan hanya menjaga performa tubuh, namun sarapan sehat juga secara tidak langsung mengontrol nafsu untuk tidak makan lebih banyak saat siang hari. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa telursangat baik untuk sarapan sebagaimana yang saya kutip dari web mediaindonesia.com berikut;

Salah satu menu sehat tersebut adalah telur. Para pakar diet dan kesehatan menyarankan untuk sarapan telur jika Anda ingin tetap menjaga berat  badan tidak bertambah. Bukan tanpa alasan, telur dipercaya sebagai menu sarapan karena telur bisa membuat perut kenyang lebih lama. Para peneliti di Pennington Biomedical Research di Louisiana, Amerika Serikat menemukan mereka yang diberi sarapan telur memiliki level ghrelin (hormon yang menstimulir keinginan makan) yang secara signifikan lebih rendah setelah tiga jam sarapan. Selain itu, dari laporan peneliti mereka juga menemukan tingginya level hormon PYY3-36 yang memberi sinyal kenyang pada tubuh.

Bagi Dr Nikhil Dhurandhar, sang pemimpin penelitian, diet dengan protein berkualitas lebih tinggi bisa meningkatkan kekenyangan, mendorong rasa penuh yang lebih baik, dan menjadi cara ampuh dalam memangkas bobot tubuh. Tracy Parker, pakar diet kesehatan jantung di British Heart Foundation (BHF) mengatakan temuan ini bisa membantu orang yang mencoba menurunkan berat badan atau berhenti mengudap. Namun lanjutnya, harus diingat cara pemasakan yang lebih sehat. Sebaiknya telur direbus daripada digoreng. Serta hindari menambahkan mentega pada telur orak-arik. (mediaindonesia.com)
Maka dari itu mulai sekarang jangan ragu dan bosan untuk sarapan dengan telur karena sangat baik bagi kesehatan kita dengan kandungan proteinnya yang tinggi.
Trima kasih telah menyimak artikel mengenai alasan mengapa telur sangatbaik untuk sarapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar